Sambutan PPIA

Selamat Datang di Program Pascasarjana Ilmu Akuntansi FEB UI

Program Pascasarjana Ilmu Akuntansi (PPIA FEB UI) memberikan kontribusi kepada kehidupan masyarakat, terutama dalam hal praktik dan riset akuntansi di Indonesia. Pengembangan Ilmu Akuntansi menjadi esensi keberadaan PPIA FEB UI.

Perjalanan pengembangan ilmu di PPIA FEB UI mencerminkan kontribusi PPIA FEB UI sebagai penyelenggara higher atau tertiary education yang berada pada graduate level (S2 dan S3). Melalui program Doktor (S3), PPIA FEB UI berupaya secara terus menerus mendorong lahirnya berbagai original research, yaitu riset yang bertujuan menghasilkan pengetahuan baru dalam bidang akuntansi. Dari original research inilah PPIA diharapkan ikut mendukung akumulasi pengetahuan akuntansi dan mempengaruhi praktik Akuntansi di Indonesia, terutama terkait dengan kekhasan kondisi kultural, sosial dan ekonomi Indonesia

Melalui program M.S.Ak atau Magister Sains Akuntansi (S2), PPIA FEB UI berupaya agar berbagai penelitian yang dilakukan membantu memberikan pemahaman yang lebih baik terhadap berbagai teori akuntansi dalam konteks praktik di Indonesia. Sedangkan Program Doktor (S3) PPIA FEB UI berupaya secara terus menerus untuk menghasilkan ilmuwan yang berkualitas, yang berdedikasi tinggi, dan yang secara berkelanjutan berusaha memberikan kontribusi terhadap masyarakat melalui pengajaran dan penelitian. Program M.S.Ak (S2), di sisi lain, juga berupaya secara terus menerus untuk menghasilkan professional specialist yang dapat bekerja dalam berbagai bidang akuntansi, dari korporasi hingga organisasi nirlaba, dan menghasilkan akademisi profesional yang memiliki kemampuan meneliti yang berkualitas.

Visi Universitas Indonesia menjadi World Class University, membawa dampak fokus pengembangan ilmu yang dilakukan PPIA FEB UI bukan hanya pada original research, tetapi menjadi original research yang dapat dipublikasi secara internasional dan memiliki research impact secara luas. Disamping itu, penyelenggaraan kegiatan yang melibatkan akademisi internasional seperti Bincang Akademik PPIA dan Accounting Research Forum serta pengabdian masyarakat nasional dan internasional juga menjadi agenda penting dalam kegiatan pengembangan PPIA FEB UI.

PPIA FEB UI telah melangkah lebih jauh dengan kerjasama internasional melalui program Joint DegreeĀ dengan Vrije Universiteit Amsterdam (M.Sc) dan Universitas Indonesia (M.S.Ak) dalam bidang Accounting and ControlĀ dan Michigan State University, US (Master of Science in Accounting) dan Universitas Indonesia (M.S.Ak) dalam bidang Accounting and Information System yang memberikan dua gelar untuk lulusan PPIA FEB UI yang mengikuti program ini. Dalam hal kerjasama internasional ini PPIA FEB UI berupaya lebih fokus pada membangun relationship yang dalam dengan partner university dari luar negeri dan bukan pada jumlah universitas yang menjadi mitra.

PPIA FEB UI menawarkan peluang bagi siapapun yang ingin mendalami ilmu akuntansi secara spesifik. Program Doktor pada dasarnya mempersiapkan lulusan PPIA FEB UI untuk menjadi seorang pembelajar (scholar) dalam arti yang sesungguhnya, yaitu seseorang yang terus ingin belajar, mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, dan melakukan penelitian. Sedangkan program M.S.Ak mempersiapkan lulusan PPIA FEB UI untuk menjadi seorang profesional specialist, baik di dunia korporasi maupun di dunia akademisi Semoga Bersama-sama kita dapat berkontribusi bagi pembangunan nasional dan kemajuan Indonesia.

Desi Adhariani, S.E., M.Si., Ph.D
Ketua Program Studi Pascasarjana Ilmu Akuntansi FEB UI

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.