Promosi Doktor a.n. Etikah Karyani

Senin, 16 Juli 2018, Program Pascasarjana Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyelenggarakan ujian sidang promosi Doktor terbuka atas nama Etikah Karyani yang dipimpin oleh Prof. Dr. Nachrowi, M.Sc., M.Phil. sebagai Ketua Sidang.

 

Dr. Etikah Karyani, merupakan Staf Pengajar Departemen Akuntansi Indonesia Banking School, sebelumnya beliau pernah menjabat sebagai Asisten Manajer Divisi Akuntansi dan Keuangan United Tractors Pandu Engineering tahun 1997-2000, Administrative Assistance Somerville Family Network, Massachusetts, USA tahun 2001-2002, Sekretaris Komite Penjamin Mutu tahun 2007-2008 dan Ketua Program Studi Akuntansi STIE Indonesia Banking School, Jakarta tahun 2008-2012.

Dr. Etikah Karyani merupakan lulusan ke 59, beliau berhasil mempertahankan Disertasinya, dan dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan yang bimbing oleh:

Dr. Budi Frensidy (Promotor),

Setio Anggoro Dewo, Ph.D (ko-promotor 1), dan

Wimboh Satosa, Ph.D (ko-promotor 2)

Dengan judul disertasi:

“Peran Risk Governance Terhadap Kualitas Operational Risk Disclosure dan Kinerja Perbankan di ASEAN-5”

dihadapan

Hilda Rossieta, S.E., Ak., M.Comm., Ph.D (Ketua Penguji),

Dr. Ancella A. Hermawan, MBA., CA (Anggota Penguji)

Dr. Darminto (Anggota Penguji)

Dr. Fitriany, S.E., M.Si., Ak (Anggota Penguji)

Dr. Telisa A. Falianty (Anggota Penguji)

Abstrak

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menginvestigasi pengaruh praktik risk governance terhadap kualitas operational risk disclosure (ORD) dan kinerja bank pada lingkup ASEAN-5. Pengaruh praktik risk governance terhadap kinerja bank diuji secara langsung dan tidak langsung melalui kualitas ORD. Penelitian ini juga bertujuan menginvestigasi peran kompetisi pasar terhadap hubungan praktik risk governance dan kualitas ORD. Sampel penelitian terdiri dari 57 perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa saham negara-negara ASEAN-5 (Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina) dengan kurun waktu pengamatan 2010-2014. Hasil riset menunjukkan bahwa praktik risk governance dan kompetisi pasar mampu mendorong bank untuk meningkatkan kualitas ORD. Tingkat kompetisi juga memoderasi pengaruh positif praktik risk governance terhadap kualitas ORD yang mengindikasikan efek substitusi. Praktik risk governance secara langsung berpengaruh negatif terhadap ROA dan PER bank. Akan tetapi praktik risk governance berpengaruh positif terhadap kinerja bank jika dimediasi oleh kualitas ORD. Sementara itu kompetisi pasar dan kualitas ORD tidak memiliki pengaruh terhadap ROA dan PER bank.

Kata kunci: praktik risk governance, kompetisi pasar, kualitas operational risk
disclosure, kinerja bank.

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2019 Sistem Informasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia