Promosi Doktor atas nama M. Khoiru Rusidy

Selasa, 8 Januari 2019, Program Pascasarjana Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyelenggarakan ujian sidang promosi Doktor terbuka atas nama M. Khoiru Rusidy yang di pimpin oleh Prof. Nachrowi D. Nachrowi, Ph.D (Ketua Sidang).

 

M. Khoiru Rusidy merupakan lulusan ke 62, beliau berhasil mempertahankan Disertasinya, dan dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan yang bimbing oleh:

Prof. Dr. Lindawati Gani (Promotor),

Setio Anggoro Dewo, Ph.D (ko-promotor 1), dan

Dr. Jusuf Halim (ko-promotor 2)

Dengan judul disertasi:

“Pengaruh Struktur Kepemilikan terhadap Agressiveness of Transfer Pricing dengan Modarasi Good Governance (Studi Kasus Negara ASEAN-4 tahun 2012-2015)

dihadapan

Prof . Akhmad Syakhroza, S.E., MAFIS., Ph.D (Ketua Penguji),

Dr. Ancella Anitawati Hermawan, S.E. MBA., CA (Anggota Penguji)

Dr. Dwi Martani, S.E., Ak (Anggota Penguji)

Vid Adrison, Ph.D (Anggota Penguji)

Yanthi Hutabaol (Anggota Penguji)

ABSTRAK

Nama               : M. Khoiru Rusydi

Program Studi : Ilmu Akuntansi

Judul               : Pengaruh Struktur Kepemilikan terhadap Aggressiveness of Transfer Pricing

                          dengan Moderasi Good Governance (Studi Kasus Negara ASEAN-4 Tahun 2012

                           -2015).

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh struktur kepemilikan terhadap praktik aggressiveness of transfer pricing, baik dalam bentuk kepemilikan keluarga, asing dan pemerintah, dan pengaruh good governance baik corporate governance maupun government governance terhadap hubungan struktur kepemilikan dan praktik aggressiveness of transfer pricing di beberapa negara ASEAN-4. Sampel penelitian terdiri dari 1056 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Saham negara-negara ASEAN-4 (Indonesia, Malaysia, Thailand dan Philipina) dengan kurun waktu 2012-2015. Penelitian ini menemukan bahwa kepemilikan keluarga dan kepemilikan pemerintah berhubungan negatif dengan aggressiveness of transfer pricing, sedangkan kepemilikan asing berhubungan positif dengan aggressiveness of transfer pricing. Kualitas good governance, baik corporate governance maupun government governance memperkuat hubungan negatif antara antara struktur kepemilikan keluarga dan kepemilikan pemerintah dengan aggressiveness of transfer pricing. Sebaliknya good governance, baik corporate governance maupun government governance mempu memperlemah hubungan positif kepemilikan asing dengan aggressiveness of transfer pricing. Penelitian ini melengkapi studi tentang penggunaan metode pengukuran profit level indicator (PLI) sebagai salah satu acuan dalam menentukan praktik aggressiveness of transfer pricing. Penelitian ini memiliki Implikasi terhadap pentingnya kebijakan anti abuse of transfer pricing yang lebih spesifik dalam rangka mengurangi kerugian negara akibat praktik abuse of transfer pricing.

 

Kata Kunci: Aggressiveness of Transfer Pricing, Corporate Governance, Government Governance